Cara Kerja Mata Manusia dan Bagian-bagiannya

Cara Kerja Mata dan Bagian-bagiannya

Jika kita sudah belajar tentang beberapa larutan elektrolit dengan berbagai manfaat dalam kehidupan kita, saat ini kita lanjutkan belajar cara kerja mata serta bagian-bagiannya. Kenapa bab ini perlu kita pelajari? Ya karena memang dari pandangan matalah kita bisa melihat begitu besarnya kenikmatan Alloh SWT. Dari mata pula kita bisa terjerumus akan hiruk pikuknya dunia ini.

Lebih jauh, berikut ulasannya.

Bagian-bagian Penting Penyusun Organ Mata

Mata kita terdiri dari beberapa bagian penting yang menjadi fungsi pokok dalam membentuk sebuah "pola" yang seringkali kita ucapkan sebagai sebuah bentuk atau nama benda apapun. Bisa juga kita mengatakan suatu warna, bentuk, atau sifat benda secara dhohir.

Perhatikan gambar bagan mata manusia di bawah ini:

Susuan mata manusia
Susuan mata manusia

Susuan mata manusia dibagi menjadi beberapa bagian, di antaranya:
  1. Kornea
  2. Iris
  3. Pupil
  4. Lensa mata
  5. Vitreous
  6. Konjungtiva
  7. Sklera
  8. Koroid
  9. Makula
  10. Retina
  11. Syaraf optik
Berikut penjelasan dari bagian mata di atas beserta fungsinya:

Kornea

Kornea adalah kubah berbentuk jendela transparan yang menutupi bagian depan mata. Kornea merupakan permukaan bias yang kuat, memberikan 2/3 dari kekuatan fokus mata. Kornea menyajikan jendela sebagai sarana untuk kita melihat.

Iris 

Bagian berwarna dari mata disebut iris atau selaput pelangi. Bagian ini mengontrol tingkat cahaya di dalam mata, mirip dengan lubang lensa pada kamera. Pembukaan berbentuk bulat di tengah selaput pelangi disebut pupil. Selaput pelangi tertanam dengan otot-otot kecil yang membesar (melebar) dan mengecilkan (sempit) ukuran pupil.

Pupil 

Pupil adalah bukaan melingkar berwarna hitam di tengah selaput pelangi. Pupil membuka dan menutup untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam bola mata.

Lensa Kristal 

Fungsi dari lensa adalah untuk memfokuskan cahaya ke bagian belakang mata. Inti, bagian terdalam dari lensa dikelilingi oleh bahan yang lebih lembut yang disebut korteks. Lensa ini terbungkus dalam kapsuler yang menyerupai kantong dan menggantung di dalam mata dengan membrane kecil yang disebut zonules.

Vitreous
Vitreous adalah substansi tebal yang transparan yang mengisi bagian tengah mata. Sebagian besar terdiri dari air dan meliputi sekitar 2/3 dari volume mata, yang menjadikannya berbentuk.

Konjungtiva

Konjungtiva adalah jaringan tipis dan transparan yang menutupi permukaan luar mata. Dimulai pada tepi luar kornea, meliputi bagian yang terlihat dari mata, dan garis bagian dalam kelopak mata. Jaringan ini dipelihara oleh pembuluh darah kecil yang hampir tak terlihat dengan mata telanjang.

Sklera

Sklera, yang pada umumnya dikenal sebagai “bagian putih mata”, adalah sebuah jaringan yang keras dan buram yang berfungsi sebagai lapisan pelindung terluar mata.

Koroid

Koroid terletak di antara retina dan sklera. Koroid terdiri dari lapisan pembuluh darah yang memelihara bagian belakang mata.

Makula

Makula terletak kira-kira di tengah retina, temporal untuk saraf optik. Makula merupakan bagian kecil dan sangat sensitif dari retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan utama yang rinci. Fovea adalah bagian tengah dari makula. Makula memungkinkan kita untuk memahami detail dan melakukan tugas-tugas yang memerlukan penglihatan yang terpusat seperti membaca.

Retina

Retina adalah jaringan dengan lapisan sangat tipis yang melapisi bagian dalam mata. Retina bertugas untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya tersebut kemudian dikirim ke otak untuk diproses, melalui saraf optik.

Saraf Optik

Saraf optik mentransmisikan impuls listrik dari retina ke otak. Saraf optik menghubungkan ke bagian belakang mata dekat makula. Bagian yang terlihat dari saraf optik disebut disk optik.

Cara Kerja Mata Manusia

Secara sederhana dan terperinci, berikut cara kerja mata manusia:
bagian mata
Bagian Mata
  • Sumber cahaya diterima oleh kornea.
  • Dari kornea, cahaya diteruskan ke pupil. Pupil menentukan jumlah cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil melebar jika kondisi ruangan gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruang terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh iris di sekelilingnya.
  • Iris berfungsi sebagaimana diafragma. Diafragma ini difungsikan untuk sebagai pengatur masuknya cahaya. Iris akan terlihat sebagai bagian berwarna pada mata.
  • Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya ke retina. Fungsi lensa mata adalah untuk mengatur fokus cahaya sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat benda yang jauh, lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat benda yang dekat, lensa mata akan menebal.
  • Setelah dari retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.
  • Saraf otak adalah saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.
Demikian sekelumit informasi tentang Cara Kerja Mata Manusia dan Bagian-bagiannya. Semoga bermanfaat, salam.

Source:
http://www.essilor.co.id/memahami-penglihatan-anda/about-your-eyes/how-the-eye-works/
http://www.mentari.biz/cara-kerja-mata-fungsi-dan-bagiannya.html

0 Response to "Cara Kerja Mata Manusia dan Bagian-bagiannya"

Silakan masukkan komentar Sobat di bawah ini. Komentar di luar topik dan menanamkan link hidup atau mati tidak akan dimunculkan. Terimakasih. Salam